CARA MENJUMLAHKAN DATA ANGKA DI EXCEL
Kalkulasi data paling mendasar adalah
menjumlahkan. Namun, tak sekedar menjumlahkan angka, karena di Excel tentu
angka yang dijumlahkan dalam bentuk data yang tidak sedikit. Dibandingkan
dengan penghitungan menggunakan kalkulator yang sudah pasti akan sangat
merepotkan jika harus menghitung angka dalam bentuk data yang banyak, sehingga
rawan salah karena faktor human error yang susah untuk dicek kembali
letak kesalahannya akibat tidak adanya file data penghitungan. Sedangkan
penghitungan dengan menggunakan Excel sudah pasti jauh lebih baik karena
memiliki beberapa keunggulan, seperti:
·
Minim salah
hitung karena data sebanyak apapun bisa dengan cepat dikalkulasi dengan hanya
memasukkan rumus atau fungsi atau formula.
·
Seluruh data penghitungan
akan tersaji dalam file praktis, sehingga memudahkan untuk tracking maupun
pengecekan berulang.
·
Lebih mudah dalam
pembuatan laporan data yang bisa disajikan dalam bentuk file soft copy maupun
file print out atau hard copy.
Lalu, bagaimana cara menjumlahkan data di Excel?
Cara Menjumlahkan Data di Excel
Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk
menjumlahkan data di Excel, yakni dengan memasukkan formula sederhana, maupun
dengan menggunakan fungsi dalam formula yang lebih praktis dan cepat.
1. Menjumlahkan Data di Excel dengan Menggunakan
Formula Sederhana
Menjumlahkan
data di Excel bisa dilakukan dengan cara memasukkan formula sederhana, yakni
dengan mengetikkan tanda ‘sama dengan’ (=), tanda tambah (+) dan angka pada
kolom yang ingin dijumlahkan.
Contoh:
Pada
kolom A1 terdapat angka 700, kolom A2 angka 1000, dan kolom A3 angka 55. Untuk
menjumlahkan seluruh angka tersebut, maka lakukan langkah berikut:
a. Klik kolom yang ingin dijadikan tempat
terteranya angka hasil pejumlahan. Dalam contoh ini kita letakkan pada kolom
A4.
b. Pada kolom tersebut ketikkan tanda ‘sama
dengan’ (=)
c. Kemudian ketikkan pada kolom yang terdapat
angka yang ingin dijumlahkan, yakni A1 (atau klik kolom A1)
d. Lalu ketik tanda tambah (+)
e. ketik A2 (atau klik kolom A2)
f.
Tanda tambah (+)
g. Ketik A3 (atau klik kolom A3)
h. Setelah itu klik enter
Setelah klik enter maka angka hasil
penghitungan akan muncul pada kolom A4 seperti pada gambar berikut:
Jika hasil
penjumlahan salah, maka:
·
Coba cek apakah
setiap angka yang ada di kolom A1, A2 dan A3 sudah benar. Jika orang lain yang
meng-input angka tersebut maka lakukan konfirmasi pada yang
bersangkutan.
· Cek juga apakah kolom atau sel yang dipilih untuk dijumlahkan sudah sesuai. Caranya adalah dengan memperhatikan formula bar di bagian atas yang menampilkan formula tersebut.
2. Menjumlahkan Data di Excel dengan menggunakan
Fungsi
Selain
dengan memasukkan rumus atau formula sederhana, kita juga bisa menjumlahkan
data di Excel dengan menggunakan fungsi, yakni formula yang telah disediakan
oleh Excel, sehingga penghitungan bisa dilakukan dengan lebih praktis dan
cepat. itulah mengapa kita perlu memahami fungsi yang ada di Excel.
Contoh:
Untuk
menjumlahkan seluruh angka yang ada pada kolom atau sel A1, A2 dan A3, maka
lakukan langkah berikut:
a. Klik kolom atau sel yang ingin dijadikan
tempat terteranya angka hasil pejumlahan. Dalam contoh ini kita letakkan pada
kolom A4
b. Pada kolom tersebut ketikkan tanda ‘sama
dengan’ (=)
c. Kemudian ketik SUM
d. Akan keluar beberapa pilihan fungsi secara
otomatis, klik SUM
e. Ketik A1:A3 (atau klik kolom A1, lalu pada keyboard
tekan Shift diikuti tanda panah ke bawah hingga ke kolom A3)
f.
Klik Enter
Setelah klik Enter maka angka hasil
penghitungan akan muncul pada kolom A4 seperti pada gambar berikut:
Demikianlah cara menjumlahkan data di Excel
yang mudah, praktis dan cepat.
Klik judul di bawah ini untuk info Excel lainnya ya:
Comments
Post a Comment